Friday, March 12, 2010

Tari Calung


Tari Calung merupakan kesenian yang berasal dari Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, tarian ini diiringi dengan alat musik yang bernama calung yaitu gamelan bambu. Sebenarnya tari calung merupakan tarian yang sederhana. Tarian ini sangat fleksibel untuk dimainkan. Berapa jumlah orang yang mementaskan tarian ini tidak dibatasi. Pada suatu saat bisa dua orang, pada saat yang lain bisa mencapai sepuluh orang. Hal itu bergantung pada permintaan. Waktu yang diperlukan dalam pementasan ini juga tidak ditentukan berapa jam atau berapa lamanya bisa satu jam, dua jam atau bahkan berhari-hari. Apabila tari calung dimainkan oleh sepuluh orang maka sangat tidak mungkin diberikan waktu hanya satu jam. Tari calung memberi kesempatan kepada setiap pemainnya untuk menampakkan atau menampilkan karakter dari si pemain. Oleh karena itu jika dimainkan sepuluh orang tidak mungkin hanya satu jam.
Tema dan isi cerita yang diangkat dalam tarian ini juga sangat fleksibel. Tema yang dipilih bisa tema-tema kontemporer atau masa lampau, bisa tema-tema yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Tentu saja isi cerita dan tema yang dipilih berdasarkan kemampuan para pemain. Para pemain juga saling berdialog satu sama lain. Dialog yang dilakukan berupa hal-hal yang lucu atau banyolan.
Tari calung digolongkan sebagai kesenian rakyat tradisional. Hal ini dikarenakan tarian ini mereprestasikan kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Isi cerita dalam pementasan banyak menghadirkan realita dalam masyarakat.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
 

About

Text

Recycle Posts Copyright © 2009 Communityiwanul