Wednesday, May 26, 2010

BINTORO DEMAK

Kenapa demak menjadi begitu penting pada masa itu?
Pada mulanya Demak adalah vasal dari kerajaan Majapahit, Wilayah itu d pimpin oleh raden Patah. Berdasarkan Babad Tanah jawi dan Purwaka Caruban ing Nagari, raden Patah adalah keturunan Brawijaya V dengan putri Campa. semasa kecil ia diasuh Oleh Arya Damar di Palembang.
Setelah Majapahit di serang oleh Girindrawardana maka kekuasaannya menjadi semakain lemah. Daerah daerah keuasaan majapahit kemudian terpecah-pecah dan ingin berdiri sendiri serta mengaku menjadi penerus tahta Majapahit. Akhirnya persaingan-persaingan itu di menangkan oleh Demak yg berhasil menghancurkan dinasti kediri yg menguasai Majapahit kala itu. Demak kemudian memboyong pusaka-pusaka majapahit dan secara resmi menjadi penerus tahta kerajaan Majapahit.
Demak dengan cepat berkembang menjadi bandar penting di laut utara jawa, mampu me-ekspor beras ke luar negri, baik ke wilayah timur maupun malaka. Posisi strategisnya juga sangat penting di tengah-tengah jalur perdagangan maluku-malaka. Kerajaan demak lebih dikenal sebagai kerajaan Islam pertama di jawa dan kerajaan maritim yg sangat kuat.

Demak mengirimkan pasukannya ke malaka untuk mengusir Portugis yg telah menadar pada tahun 1511, pasukan ini di pimmpin oleh putra raden patah, yaitu Adipati Unus. Untuk menopang penghadangan pasukan portugis maka selain sebagai bandar dagang, jepara juga di jadikan pangkalan laut demak. peperangan ini akhirnya di menangkan oleh potugis, tapi usaha demak untuk mencegah ekspansi potugis berhenti. Demak terus berupaya membendung ekspansi portugis di laut jawa, setiap kapal potugis yg melewati laut jawa selalu di hadang oleh pasukan demak. Jadi Jawa relatif tidak dimasuki oleh potugis, Portugis lebih memilih melewati utara kalimantan trus ke sulawwesi dan maluku.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
 

About

Text

Recycle Posts Copyright © 2009 Communityiwanul